Selasa, 11 September 2018

Silsilah Kerajaan Banten Islam dari Awal Hingga Masa Keruntuhan

Sejarah Indonesia - Kerajaan Banten seperti namanya, terdapat di Provinsi Banten. Kerajaan Banten awalannya ada di bawah kekuasaan Kerajaan Demak sebelum Banten sukses melepas diri saat berlangsung kemunduran pada Histori Kerajaan Demak. Awalnya lokasi pajajaran di era ke 14 ialah pusat dari agama hindu karena kehadiran kerajaan pajajaran. Kerajaan pajajaran juga memiliki pangkalan terpenting yakni mencakup banten serta sunda kelapa.
Silsilah Kerajaan Banten Islam dari Awal Hingga Masa Keruntuhan

Kerajaan pajajaran saat itu membuat kerja sama juga dengan portugis karena terasa terancam dengan kedekatan kerajaan Islam demak serta cirebon. Dari kerja sama itu, portugis memperoleh izin untuk membangun pusat dagang serta benteng pelindung di sunda kelapa. Sesaat karena menentang portugis, sultan trenggono memerintah group yang fatahilah untuk tundukkan pangakalan-pangkalan pajajaran pada tahun 1526.

Silsilah Kerajaan Banten Islam

Fatahillah sukses dalam merebut pangkalan sunda kelapa pada tanggal 22 juni 1527. semenjak momen itu sekarang nama sunda kelapa ditukar dengan nama “jayakarta atau saat ini yang diketahui orang dengan nama kota Jakarta yang berarti kota kemenangan. Hingga perayaan hari menjadi kota jakarta sampai sekarang diperingati tiap-tiap tanggal 22 juni .

Kurun waktu singkat semua pantai utara jawa barat bisa di kuasai fatahillah hingga agama islam makin lama menebar di jawa barat. Karena jasanya sebarkan islam berikut Fatahillah lalu mendapatkan titel sunan gunung jati di lokasi cirebon serta jadi salah satunya wali dari wali sembilan. Pada tahun 1552 putra fatahilah yang bernama hasanudin di angakat jadi pemimpin di banten. Putra nya yang lainnya yang bernama pasarean di angkat jadi pemimpin di Cirebon. Beliau juga bangun pusat kegiatan Islam di daerah gunung jati sampai pada akhirnya beliau meninggal dunia pada tahun 1568.

Kerajaan Banten adalah salah satunya Histori Kerajaan Islam Di Indonesia. Berikut Silsilah Kerajaan Banten Islam :

1. Sultan Hasanuddin

Banten serta Cirebon sukses jadi kerajaan berdaulat yang bebas dari terlibat kerajaan demak saat berlangsung perampasan kekuasaan di Kerajaan Demak oleh Belanda. Sultan Hasanudin putra dari fatahilah jadi penguasa pertama kerajaan serta berjalan saat 18 tahun semenjak tahun 1552-1570M. Dibawah kepemimpinan beliau, kerajaan banten sukses kuasai lampung yang disebut penghasil rempah-rempah dan mempunyai jalan perdangangan pusat yakni selat sunda.

Sultan hasanuddin sukses membuat Bandar banten jadi tempat yang ramai di datangi beberapa saudagar dari Persia,Gujarat, sampai venesia selama hidup kepemimpinannya. Beberapa saudagar ini berpindah ke selat sunda banten untuk hindari selat malaka yang saat itu dikuasai portugis. Di selat sunda ini berlangsung banyak pertukaran budaya dan agama hingga mengakibatkan semakin melebarlah dampak Islam di bumi Nusantara ataupun di semua dunia. Pada tahun 1570M beliau meninggal dunia serta digantikan oleh putranya yang bernama maulana yusuf

2. Maulana Yusuf

Silsilah Kerajaan Banten Islam setelah itu Maulana Yusuf. Maulana yusuf ialah putra dari sultan hasanuddin. Beliau kuasai banten sesudah wafatnya sang bapak pada tahun 1570 M hingga1580 M. Pada tahun 1579, Maulana yusuf sukses tundukkan kerajaan pajajaran di pakuan sekaligus juga singkirkan prabu sedah, raja pajajaran pada saat itu. Kekalahan dari pajajaran in imembuat rakyat pajajaran beralih ke pegunungan serta kenal dengan nama suku badui di daerah rangkasbitung banten.

3. Maulana Muhammad

Sultan maulana yusuf lalu digantikan oleh anaknya sesudah beliau meninggal dunia. Putra nya bernama maulana Muhammad memegang kekuasaan pada umur awal yakni usia 9 tahun. Tampuk Pemerintahan diambil alih oleh mangkubmi jayanegara sampai maulana Muhammad tumbuh dewasa. Beliau lakukan penggempuran pada kesultanan palembang yang di pimpin ki gede sure diusia 25 tahun karena salah seseorang darah biru dari demak terasa mempunyai hak atas lokasi Palembang. Akan tetapi sayangnya banten alami kekalahan serta maulana Muhammad meninggal dalam momen penyerangan itu.

4. Pangeran Ratu

Pangeran ratu diangkat jadi Silsilah Kerajaan Banten Islam ke 4 saat berumur 5 bulan. Sesaat sampai sampai pangeran dewasa kepemimpinan diambil alih oleh mangkubumi ranamanggala. Pangeran Ratu pimpin saat waktu yang lumayan lama yakni 55 tahun dari tahun 1596 hingga1651. Pada saat itu kali pertamanya belanda yang di ketuai oleh cornelis de houtman datang di banten pada tanggal 22 juni 1596. Pangeran ratu mendapatkan julukan kanjeng ratu banten, setelah beliau meninggal dunia kepemerintahan beliau di lanjutkan oleh anak nya yang di juluki dengan titel sultan ageng tirtayasa

Sultan ageng tirtayasa bergelar pangeran surya saat kecil serta dielari pangeran ratu atau pangeran dipati sesudah diangkat jadi sultan muda ikuti kematian sang bapak. Beliau lah yang pimpin banten pada tahun 1651-1682M serta di tangan beliaulah banten sampai waktu ke emasannya. Selama saat pemerinthannya beberapa hal yang dilakkan oleh beliau. Ia lakukan pelebaran lokasi kekuasaan pada tahun 1671M, membangun keraton baru di dusun Tirtayasa (terdapat di Kabupaten Serang) serta banyak pimpin perlawanan pada belanda yang saat itu mengaplikasikan kesepakatan monopoli perdagangan yang membawa kerugian besar buat kesultanan Banten. Tirtayasa menampik kesepakatan ini serta jadikan Banten menjadi pelabuhan terbuka.

Dua orang putera dari Sultan Ageng Tirtayasa bernama Pangeran Gusti yang nantinya akan mendapatkan titel sultan haji serta Pangeran Purbaya. Atas pesan ayahnya, Pangeran Gusti menunaikan beribadah haji sebelum beliau diangkat jadi sultan muda serta dikasih pekerjaan pemerintahan. Tidak hanya berhaji, kepergiannya ke tanah suci juga diinginkan dapat mendekatkan jalinan Banten dengan penguasa Masjidil Haram serta Ka’bah. Tirtayasa juga menginginkan supaya putranya menuntut pengetahuan ke Islaman lebih baik. Selain itu Pangeran Purbaya mendapatkan peluang melakukan pekerjaan yang harusnya jadi tanggung jawab Pangeran Gusti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kembalinya Belanda Bersama Dengan Sekutu Tahun 1945 - 1949

Kembalinya Belanda Bersama Dengan Sekutu Tahun 1945 - 1949 Latar belakang terjadinya kemerdekaan  Sejarah Indonesia - Sama dengan ...